Manfaat Air Lemon Menyehatkan Tubuh

Di tengah udara dingin, minum air hangat dicampur dengan perasan jeruk lemon bisa jadi membuat badan terasa hangat. Dan manfaat air lemon tak cuma itu saja.

Buah berwarna kuning cemerlang ini benar-benar kaya akan vitamin C. Sekitar 64 persen asupan harian vitamin C malahan bisa diperoleh dengan mengonsumsi 100 gram buah yang berbentuk elips ini. Lemon juga mengandung banyak bahan kimia natural phytochemical seperti polifenol dan terpene yang baik untuk tubuh.



Lemon jarang dikonsumsi utuh demikian itu saja mengingat rasa yang asam atau kecut. Buah ini lebih acap kali dipakai dalam jumlah kecil dan dikombinasi dengan bumbu dan rempah-rempah untuk diciptakan pie lemon, bolu lemon, atau penghilang bau anyir masakan. Tak jarang pula, lemon diperas untuk diambil airnya dan dicampur dengan air hangat guna meredakan batuk.

Air Lemon Hangat di Pagi Hari

Salah seorang dokter merekomendasikan untuk minum air lemon hangat di pagi hari. Caranya, cukup peras ¼ atau ½ lemon dan campurkan dengan segelas air hangat. Menurutnya, air hangat lebih efisien diserap oleh tubuh kalau dibandingi dengan air dingin. Setelah itu, bolehlah minum air lemon dingin di siang, petang, atau malam hari. Minum air lemon tak cuma membuat kita terhidrasi, tetapi juga membantu menghilangkan kemauan untuk minum air soda atau minuman manis lainnya. Kecuali itu, masih banyak lagi manfaat air lemon hangat yang dapat kita rasakan.

Sumber vitamin C

Walaupun telah diceritakan sebelumnya, jeruk-jerukan seperti lemon mengandung kadar vitamin C yang tinggi. Vitamin ini yakni antioksidan utama yang membantu melindungi sel dari radikal bebas yang merusak. Vitamin C bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan stroke, menurunkan tekanan darah. Bahkan hasil penelitian tidak semuanya menyokong, diduga vitamin C dapat menolong mencegah atau mengatur lamanya pilek (common cold atau nasofaringitis) pada sebagian orang.

Menyegarkan nafas

Lambaikan tangan pada bau mulut dengan minum segelas air lemon hangat di pagi hari dan sesudah makan. Lemon diduga kapabel menstimulasi air liur pencegah mulut kering dan bau mulut pengaruh pertumbuhan kuman berlebih.

Mengurangi kerutan

Vitamin C dalam lemon diduga dapat menolong mengurangi kerutan kulit. Menolong berdasarkan sebuah penelitian, mengonsumsi lebih banyak vitamin C mampu mengurangi risiko kulit keriput dan kering.

Mencegah batu ginjal

Asam sitrat dalam lemon dapat membantu mencegah batu ginjal yang terwujud dari kalsium. Minum air lemon diduga dapat menolong tubuh mendapatkan lebih banyak asam sitrat dan air yang diperlukan untuk mencegah pembentukan batu ginjal hal yang demikian.

Menurut pencernaan

Minum air lemon hangat di pagi hari ketika baru bangun diduga dapat membantu gerak metode pencernaan. Namun pengobatan Ayurveda, rasa asam lemon mampu menolong cara pencernaan mencerna makanan dengan mudah dan mencegah penumpukan racun.

Menaikkan jumlah kalium (potassium)

Tanpa mineral ini, tubuh tak bisa berfungsi dengan bagus. Kalium atau potassium dibutuhkan untuk komunikasi saraf-otot, mengangkut gizi dan limbah, serta melawan efek garam pada tekanan darah.

Lambung

Penelitian menampakkan bahwa asam askorbat pada lemon diduga membantu melindungi lambung dari kanker, tukak lambung, dan kerusakan lainnya.

Tetapi…
Manfaat air lemon hangat memang telah tak diragukan lagi. Meskipun dibalik itu segala, ada potensi efek samping yang wajib dilihat. Pertama, lemon mengandung asam sitrat yang bisa mengikis enamel gigi. Kedua, pada sebagian orang, asam sitrat pada lemon dapat merangsang nyeri ulu hati atau heartburn.

Pada kasus pertama, direkomendasikan untuk minum air lemon hangat mengaplikasikan sedotan dan berkumur setelahnya. seandainya mengalami kasus kedua, direkomendasikan untuk menghindari air lemon.

Yuk, segera raih manfaat air lemon hangat sekarang juga! Sedikit Share dari Rahayu Gemez

Ditinjau oleh: dr. Marianti Sumber : Alodokter

0 Response to "Manfaat Air Lemon Menyehatkan Tubuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel